Minggu, 16 Desember 2018
image
02 MEI 2018

Berita

Penelitian untuk Remaja: Sosialisasi OPSI

Bersyukur saya dapat menggantikan teman saya yang berhalangan hadir untuk mengikuti sosialisasi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, 16 November 2013. Ada 25 sekolah di provinsi Lampung yang diundang dengan 2 pembina dan 4 siswa tiap sekolah. Ada dua narasumber, yaitu satu dari staf direktorat pembinaan sma kemdikbud dan Drs. Syamsu Rosid, M.T staf dosen FMIPA UI yang juga sebagai juri OSN Fisika SMA dan juri OPSI. . Drs. Syamsu Rosid, M.T (Sumber: https://www.fisika.ui.ac.id/14-staf/42-dr-syamsu-rosid.html) Presentasi tidak hanya tentang OPSI tetapi juga tentang OSN, FLS2N,O2SN, NSDC, dan LDBI. OPSI adalahOlimpiadePenelitianSiswa Indonesia yang diselenggarakanolehKementerianPendidikandanKebudayaan.Sebelumdinamakan OPSI, kegiataninidahulubernama LPIR (LombaPenelitianIlmiahRemaja) yang berlangsungsejaktahun 1972. Seiringberjalannyawaktu, LPIR dirasaperluadanyainovasiperubahan, perubahanterjadidiaspeksistem format kegiatannya.

Sebagaibentukperubahan, makaperlumengubah Brand kedalambentuk format kegiatanbaru. Padatahun 2009 LPIR berubahnamamenjadiOlimpiadePenelitianSiswa Indonesia (OPSI) dengansistemdanformat baru. Tujuan OPSI: (1) Memotivasi siswa SMA untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya; (2) Menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian; (3)
Menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA; (4) Mendapatkan hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif; (5) Mendorongsiswauntukmeningkatkankemampuandalammengkomunikasikanhasilpenelitiannyasecarabaikdanefektif.

Pada acara itu saya diberi satu buah jurnal ilmiah OPSI. Pada kata pengantar jurnal yang ditulis oleh Direktur Pembinaan SMA, Harris Iskandar, Ph.D dinyatakan bahwa OPSI bertujuan mewujudkan kerangka pikir ketrampilan abad ke-21, yaitu kemampuan berkomunikasi, berpikir jernih dan kritis, mempertimbangkan segi moral suatu masalah, menjadi warga negara yang bertanggung jawab, meencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda,, hidup dalam masyarakat yang mengglobal,  memiliki minat baik dalam kehidupannya, memiliki kesiapan kerja, kecerdasan sesuai minat dan bakat, serta memiliki rasa tanggung jawab dalam lingkungannya.

Sesi terakhir membahas tentang Konsep Dasar Penelitian. Pembahasan mengkaji (1) Permasalahan, (2) Tujuan, (3) Manfaat, (4)Tujuan, (5) Tinjauan Pustaka, (6) Metode Penelitain, (7) Analisis Penelitian, (8) Hasil Penelitain, (9) Diskusis/Pembahasan, (10) Kesimpulan, (11) Saran dan (12) Daftar Pustaka.

---- Bandar Lampung, 18 November 2013


Sumber: https://www.kompasiana.com/zainalabidinmustofa/penelitian-untuk-remaja-sosialisasi-opsi_55286b0c6ea83467238b45d3

Kategori Publikasi

Penerimaan Pseserta Didik Baru SMAN 3 Bandar Lampung TP. 2018-2019

Mekanisme pendaftaran, seleksi,  dan pengumuman kelulusan PPDB SMA Negeri Kota Bandar  Lampung Tahun Pelajaran  2018/2019

Selengkapnya